Selasa, 23 November 2021

Daftar Kosakata Bahasa Indonesia yang Masih Sering Salah Eja

 

Daftar Kosakata Bahasa Indonesia yang Masih Sering Salah Eja

*Aziza Restu Febrianto


Meskipun Bahasa Indonesia adalah Bahasa kita, ternyata masih banyak kosakata dalam Bahasa Indonesia yang kita sering salah menulisnya. Berikut ini adalah daftar kosakata tersebut. Kita bisa memeriksa dan memastikannya melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Salah

Benar

Kelas kata

Bahasa Inggris

Abjat

Abjad

Nomina

Alphabet

Ada kalanya

Adakalanya

Adverbia

Once in a while

Adapun

Ada pun

Partikel

Moreover, besides, In addition

Adzan

Azan

Nomina

Call to Prayer

Afdol

Afdal

Adjektiva

Good, fine, nice

Akte

Akta

Nomina

Official Document, Certificate

Aktifis

Aktivis

Nomina

Activist

Aktifitas

Aktivitas

Nomina

Activity

Almunium

Alumunium

Nomina

Aluminum

Amandemen

Amendemen

Nomina

Amendment

Amuba

Ameba

Nomina

Amoeba

Analisa

Analisis

Nomina

Analysis

Andai pun

Andaipun

Partikel

Even if

Antri

Antre

Nomina

Standing in line, Queue

Anugrah

Anugerah

Nomina

A gift from God

Apa bila

Apabila

Partikel

If

Apotik

Apotek

Nomina

Drugstore

Aritmatika

Aritmetika

Nomina

Arithmetic

Astronot

Astrounaut

Nomina

Astronaut

Ataupun

Atau pun

Partikel

Or even

Atlit

Atlet

Nomina

Athlete

Aquatik

Akuatik

Adjektiva

Aquatic

Bagai mana

Bagaimana

Pronomina

How

Bagaimana pun

Bagaimanapun

Partikel

Somehow

Balsem

Balsam

Nominal

Balm

Barang kali

Barangkali

Adverbia

Perhaps, maybe

Bedug

Beduk

Nomina

Drum

Bejad

Bejat

Adjektiva

Depraved, wanton

Bela sungkawa

Belasungkawa

Nomina

Condolences

Berfikir

Berpikir

Verba

Think

Berterbangan

Beterbangan

Verba

Fly (of many things) every which

Biar pun

Biarpun

Partikel

Although

Bis

Bus

Nomina

Bus

Bowling

Boling

Nomina

Bowling

Brengsek

Berengsek

Adjektiva

Useless, in bad condition

Budget

Bujet

Nomina

Budjet

Bumi putra

Bumiputra

Nomina

Native (of country)

Cabe

Cabai

Nomina

Red pepper, chili

Capek

Capai

Adjektiva

Tired, exhausted

Carut-marut

Karut-marut

Adjektiva

Chaotic, muddled, confused

Cemilan

Camilan

Nomina

Snacks

Cengkeh

Cengkih

Nomina

Clove

Cengkrama

Cengkerama

Nomina

Chat

Centimeter

Sentimeter

Nomina

Centimeter

Ceret

Cerek

Nomina

Kettle, watering can

Cicak

Cecak

Nomina

House lizard

Cidera

Cedera

Adjektiva, Nomina

Injured, Injury

Coklat

Cokelat

Nomina

Brown (color), chocolate, cocoa

Darimana

Dari mana

Partikel

Where were you? Where have you been?

Dari pada

Daripada

Partikel

Than, from, of

Darma bakti

Darmabakti

Nomina

Volunteer work, service, good deed

Darma siswa

Darmasiswa

Nomina

Fellowship, student scholarship

Debet

Debit

Nomina

Debt

Desiminasi

Diseminasi

Nomina

Dissemination

Deterjen

Detergen

Nomina

Detergent

Detil

Detail

Nomina

Detail

Diagnosa

Diagnosis

Nomina

Diagnostic

Dimana

Di mana

Pronomina

Where

Didramatisir

Didramatisasi

Verba

(be) dramatized

Dinetralisir

Dinetralisasi

Verba

(be) neutralized

Do’a

Doa

Nomina

Prayer

Duka cita

Dukacita

Nomina

Grief, sorrow, mourning, heartache

Dzikir

Zikir

Nomina

Pray

Dzuhur

Zuhur

Nomina

Midday

Efektifitas

Efektivitas

Nomina

Effectiveness

Ekstrim

Ekstrem

Adjektiva

Extreme

Enerji

Energi

Nomina

Energy

Faham

Paham

Nomina, Verba

Understanding, Understand

Faksimili

Faksimile

Nomina

Facsimile

Fidyah; Fidiyah

Fidiah

Nomina

Fidyah

Fikir

Pikir

Nomina

Opinion, Idea, Thought

Foto kopi

Fotokopi

Nomina, Verba

Photocopy

Frekwensi

Frekuensi

Nomina

Frequency

Frustasi

Frustrasi

Nomina, Adjektiva

Frustation, Frustated

Gladi

Geladi

Nomina

Rehearsal

Goa

Gua

Nomina

Cave, Grotto

Gombrong

Gombroh

Adjektiva

Graceful, Neat, Elegant

Greget

Gereget

Nomina

Fury

Gubug

Gubuk

Nomina

Cottage

Hadang

Adang

Verba/ Nomina

Block

Hakekat

Hakikat

Nomina

Truth, Reality, Essence

Halal bihalal

Halalbihalal

Nomina

A gathering of social group (Islam)

Handal

Andal

Adjektiva

Reliable

Hantar

Antar

Verba

Deliver

Hapal

Hafal

Verba

Memorize

Harafiah

Harfiah

Adjektiva

Literal

Hembus

Embus

Verba

Blow

Hentak

Entak

Verba

Stamp (on)

Himbau

imbau

Verba

Appeal

Himpit

Impit

Verba

Squeeze

Hipotesa

Hipotesis

Nomina

Hypothesis

Hirarki

Hierarki

Nomina

Hirarchy

Hisap

Isap

Verba

Suck

Hujam

Hunjam

Nomina

Stab

Hulu balang

Hulubalang

Nomina

Upstream

Hutang

Utang

Nomina

Debt

Idul Fitri

Idulfitri

Nomina

Eid Al-Fitr

Ijin

Izin

Nomina

Permission

Indera

Indra

Nomina

Senses

Insyaf

Insaf

Adjektiva

Realize

Intisari

Inti sari

Nomina

Essence

Isteri

Istri

Nomina

Wife

Itikaf

Iktikaf

Nomina

Itikaf

Jadual

Jadwal

Nomina

Schedule, Timetable

Jaman

Zaman

Nomina

Era

Jamrud

Zamrud

Nomina

Emerald

Jendral

Jenderal

Nomina

General

Jenius

Genius

Adjektiva

Genius

Jerembab

Jerembap

Verba

Plummet

Jerigen

Jeriken

Nomina

Jerry Can

Jum’at

Jumat

Nomina

Friday

Kaca mata

Kacamata

Nomina

Eyeglasses

Kadalwarsa

Kedaluarsa

Adjektiva

Expired

Kaedah

Kaidah

Nomina

Rule

Kasat mata

Kasatmata

Adjektiva

Invisible

Kalau pun

Kalaupun

Partikel

Although, Eventhough, Even if

Kalendar

Kalender

Nomina

Calendar

Kaos

Kaus

Nomina

T-shirt

Karir

Karier

Nomina

Career

Katagori

Kategori

Nomina

Category

Kempes

Kempis

Verba

Deflated

Kemana

Ke mana

Partikel

Where

Kendati pun

Kendatipun

Partikel

Although, Eventhough, Even if

Kerata basa

Keratabasa

Nomina

Backronym

Kesana

Ke sana

Partikel

There

Ketapel

Katapel

Nomina

Slingshot, Catapult

Kharisma

Karisma

Nomina

Charisma

Khutbah

Khotbah

Nomina

Sermon, Preaching

Klenteng

Kelenteng

Nomina

Temple, Pagoda, Tang

Kokoh

Kukuh

Adjektiva

Strong

Komersil

Komersial

Adjektiva

Commercial

Komplit

Komplet

Adjektiva

Complete

Konsleting

Korsleting

Nomina

Short circuit

Koordinir

Koordinasi

Nomina

Coordinate

Kosa kata

Kosakata

Nomina

Vocabulary

Kreatifitas

Kreativitas

Nomina

Creativity

Kripik

Keripik

Nomina

Chips

Krupuk

Kerupuk

Nomina

Crisps

Ksatria

Kesatria

Nomina

Night

Kupat

Ketupat

Nomina

Rice cake

Kwalitas

Kualitas

Nomina

Quality

Kwintal

Kuintal

Nomina

Quintal

Kwitansi

Kuitansi

Nomina

Receipt

Legalisir

Legalisasi

Verba

Legalize

Lembab

Lembap

Adjektiva

Humid, Moist

Lobang

Lubang

Nomina

Hole

Loka karya

Lokakarya

Nomina

Workshop, Seminar

Maghrib

Magrib

Nomina

Sunset prayer (Islam)

Mahzab

Mazhab

Nomina

Sect (Religion)

Malpraktik

Malapraktik

Nomina

Malpractice

Malfungsi

Malafungsi

Nomina

Malfunction

Mana kala

Manakala

Partikel

While, Whilst

Mana suka

Manasuka

Adjektiva

As you like

Mangkok

Mangkuk

Nomina

Bowl

Mangku bumi

Mangkubumi

Nomina

The high administrators

Mara bahaya

Marabahaya

Nomina

Danger

Materai

Meterai

Nomina

Stamp

Mau pun

Maupun

Partikel

As well as

Mempedulikan

Memedulikan

Verba

Take care (of)

Memperhatikan

Memerhatikan

Verba

Pay attention (to)

Mempengaruhi

Memengaruhi

Verba

Influence

Mempesona

Memesona

Adjektiva

Charming

Menghujam

Menghunjam

Verba

Stab

Mengkorupsi

Mengorupsi

Verba

Corrupt

Mengkupas

Mengupas

Verba

Peel

Mensukseskan

Menyukseskan

Verba

Succeed

Merubah

Mengubah

Verba

Change

Meski pun

Meskipun

Partikel

Although, Eventhough, Even if

Metoda

Metode

Nomina

Method

Milyar

Miliar

Nomina

Billion

Mu’jizat

Mukjizat

Nomina

Miracle, Phoenix, Marvel

Mushola

Musala

Nomina

Prayer room

Nafas

Napas

Nomina

Breath

Nahkoda

Nakhoda

Nomina

Skipper, Captain, Master

Nampak

Tampak

Verba

Look, Appear, Emerge

Nasehat

Nasihat

Nomina

Advice

Nekad

Nekat

Adjektiva

Determined

Negoisasi

Negosiasi

Nomina

Negotiation

Nomer

Nomor

Nomina

Number

Notulen

Notula

Nomina

Notes, Records

Obrak-abrik

Ubrak-abrik

Verba

Crash

Obyek

Objek

Nomina

Object

Olah raga

Olahraga

Nomina

Sport, Physical Exercise

Omset

Omzet

Nomina

Revenue, Turnover

Onta

Unta

Nomina

Camel

Orisinil

Orisinal

Adjektiva

Original

Panu

Panau

Nomina

Skin Fungus

Panutan

Anutan

Nomina

Example

Pengrajin

Perajin

Nomina

Craftsman

Personil

Personel

Nomina

Personnel

Plat

Pelat

Nomina

Plate, Liscence Plate

Pondasi

Fondasi

Nomina

Foundation

Praktek

Praktik

Nomina

Practice

Produktifitas

Produktivitas

Nomina

Productivity

Propinsi

Provinsi

Nomina

Province

Prosen

Persen

Nomina

Percentage

Pungkir

Mungkir

Verba

Deny, Disobey, Disaffirm

Raka’at

Rakaat

Nomina

Rakat (single movement of prayer in Islam)

Ramadhan

Ramadan

Nomina

Ramadan

Rame

Ramai

Adjektiva

Crowded

Rapih

Rapi

Adjektiva

Neat

Rejeki

Rezeki

Nomina

Sustenance

Rekruitment; rekrutment

Rekrutmen

Nomina

Recruitment

Rematik

Reumatik

Nomina

Rheumatic

Resleting

Ritsleting

Nomina

Zipper

Resiko

Risiko

Nomina

Risk

Respon

Respons

Nomina

Response

Rileks

Relaks

Adjektiva

Relaxed

Rubah

Ubah

Verba

Change

Salawat; Solawat; Salwat; Sholawat

Selawat

Nomina

Invocation

Samudera

Samudra

Nomina

Ocean

Saos

Saus

Nomina

Sauce

Sate

Satai

Nomina

Satay

Sekali pun

Sekalipun

Partikel

Although, Though, Eventhouh

Sekedar

Sekadar

Adverbia

Just, Only

Sekertaris

Sekretaris

Nomina

Secretary

Seksama

Saksama

Adverbia

Thorough, Carefully

Sekular

Sekuler

Adjektiva

Secular

Selebriti

Selebritas

Nomina

Celebrity

Selular

Seluler

Adjektiva

Celular

Sembab

Sembap

Adjektiva

Swollen, Swelled

Semedi

Semadi

Nomina

Meditation

Senggama

Sanggama

Nomina

Intercourse, Coitus

Sensorik

Sensoris

Adjektiva

Sensory

Seprei

Seprai

Nomina

Bed Sheet

Sertipikat

Sertifikat

Nomina

Certificate

Sintesa

Sintesis

Nomina

Synthesis

Sop

Sup

Nomina

Soup

Sopir

Supir

Nomina

Driver

Sportifitas

Sportivitas

Nomina

Sportivity

Shalat

Salat

Nomina

Prayer (Islam)

Silahkan

Silakan

Verba

Please

Silaturahim

Silaturahmi

Nomina

Friendship

Sirkular

Sirkuler

Adjektiva

Circular

Sirine

Sirene

Nomina

Siren

Sistim

Sistem

Nomina

System

Skak

Sekak

Nomina

Checkmate (Chess)

Subyek

Subjek

Nomina

Subject

Sumringah

Semringah

Adjektiva

Happy

Sungguh pun

Sungguhpun

Partikel

Although, Though, Eventhouh

Survey

Survei

Nomina

Survey

Standard; Standarisasi

Standar; Standardisasi

Nomina

Standard; Standardization

Stir

Setir

Nomina

Steering Wheel, Handlebar

Syaraf

Saraf

Nomina

Nerve

Tahayul

Takhayul

Nomina

Superstition

Tahta

Takhta

Nomina

Throne

Taubat

Tobat

Verba, Nomina

Repent, Repentance, Atonement, Remorse

Tauco

Taoco

Nomina

Tauco/ Tauchu

Tauge

Taoge

Nomina

Bean Sprouts

Tauladan

Teladan

Nomina

Example, Model

Taqwa

Takwa

Nomina

Piety

Tehnik

Teknik

Nomina

Technique

Tekat

Tekad

Nomina

Determination

Tenggat Waktu

Tenggat

Nomina

Deadline

Terealisir

Terealisasi

Verba (Pasif)

Realized

Terimakasih

Terima kasih

Nomina

Thanks, Gratitude, Gratefulness

Terlanjur

Telanjur

Verba

Too Late

Terlantar

Telantar

Verba (pasif)

Abandoned

Terompet

Trompet

Nomina

Trumpet

Terong

Terung

Nomina

Eggplant, Aubergine

Terorganisir

Terorganisasi

Verba (Pasif)

Organized, Organised

Terpercik

Tepercik

Verba (Pasif)

Splash

Terperdaya

Teperdaya

Verba (Pasif)

Beguiled

Tidak karuan

Tidak keruan

Adjektiva

Desultory, Jay

Tilpun; Telfon; Telpon

Telepon

Nomina

Telephone

Trampil

Terampil

Adjektiva

Skilled, Ingenious

Tropi

Trofi

Nomina

Trophy

Umroh

Umrah

Nomina

Pilgrimage

Ustadz

Ustaz

Nomina

Religious Teacher (Islam)

Validiti

Validitas

Nomina

Validity

Vermak

Permak

Verba

Alter

Walau pun

Walaupun

Partikel

Although, Though, Eventhouh

Walikota

Wali kota

Nomina

Mayor

Wudhu

Wudu

Nomina

Ablution

Yudo

Judo

Nomina

Judo

Sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.kemdikbud.go.id/


Semarang, 24 November 2021

Selasa, 10 Agustus 2021

Sebuah Kisah Klasik di OKKA FBS 2004



 Sebuah Kisah Klasik di OKKA FBS 2004


*Aziza Restu Febrianto


 

Dengan semangat membara, kami warga FBS yang baru

Bersama mengenal kampus kita di OKKA FBS tercinta

Susah dan Senang bersama, tuk kita bersaudara

Menyongsong belajar di FBS yang jaya

Menyongsong belajar di FBS yang jaya


Bulan Agustus merupakan bulan yang mengingatkan saya pada kegiatan ospek mahasiswa baru bernama Orientasi Kehidupan Kampus (OKKA) pada tahun 2004 silam di kampus Ungu, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Semarang (UNNES). Seperti halnya kampus lain, UNNES, dalam rangka menyambut mahasiswa baru, mengadakan ospek atau yang lebih populer di kalangan mahasiswa dan para alumni UNNES adalah OKKA. Selama OKKA ini, saya mempunyai pengalaman yang cukup menarik, dan saya merasa pengalaman itu perlu direkam dalam tulisan ini. Semuanya berawal dari kecerobohan saya yang pada waktu itu tidak melakukan pendaftaran OKKA. Pendaftaran OKKA ini dilaksanakan pada saat registrasi ulang mahasiswa baru di gedung Rektorat lantai 1. Saat itu, proses registrasi ulang di UNNES cukup ribet dan memakan waktu yang sangat lama. Selain harus antre, semua mahasiswa baru diwajibkan untuk mengisi formulir registrasi secara manual dengan menggunakan pensil 2B. Saya melakukan registrasi ulang ini dari sekitar pukul 11.00 siang hingga pukul 16.00 sore (tepat ketika gedung mulai ditutup).

Karena terburu-buru dan khawatir seandainya tidak akan mendapatkan angkot untuk pulang ke rumah, saya akhirnya lupa untuk mendaftar OKKA. Pada zaman itu, masih jarang sekali orang yang mempunyai motor pribadi sebagai alat transportasi. Sebagian besar mahasiswa memanfaatkan angkot dan bis tanggung bernama “Po Limas,” yang beroperasi dari sekitar UNNES menuju pusat kota atau terminal di kota Semarang. Saya berasal dari Ngawi, Jawa Timur, dan perjalanan untuk menuju rumah saya memakan waktu sekitar 5 jam dengan menggunakan transportasi bus. Tentu saja waktu itu saya sangat ketakutan jika tidak akan bisa pulang karena kebanyakan bus biasanya sudah tidak beroperasi pada malam hari. Nah, kelupaan mendaftar OKKA inilah yang menjadi akar permasalahannya.

Karena tidak mendaftar OKKA, akibatnya saya menjadi sama sekali tidak tahu apapun mengenai kegiatan orientasi ini. Dalam benak saya, tikda pernah terfikirkan sama sekali akan semua persyaratan dan perlengkapan yang harus dibawa. Sesampainya di rumah, saya juga sama sekali tidak memikirkan tentang kegiatan ini. Saya pun sangat lelah setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh. Pikir saya, yang namanya orientasi itu pasti penuh dengan ceramah. Begitu saja. Singkat cerita, saya pun kembali lagi ke UNNES, sesuai dengan jadwal yang telah diberikan.  Saat OKKA berlangsung, saya tentu saja tidak membawa apapun perlengkapan untuk kegiatan ini. Saya masih ingat bahwa pada saat itu, saya hanya membawa kemeja atasan putih dan bawahan hitam, serta sepatu fantofel. Saya hanya berfikir, pakaian ini mungkin akan berguna ketika saya mengikuti beberapa kegiatan kampus karena program studi yang saya ambil adalah Pendidikan bahasa Inggris atau pendidikan calon guru bahasa Inggris. Saat itu, saya benar-benar tidak menyadari bahwa ternyata saya sudah melakukan kesalahan besar. Dan kesalahan ini kelak memunculkan masalah lainnya.

Sesampainya di kos, seperti orang yang tak punya dosa saja, saya memutuskan untuk bersantai dan menikmati suasana kos baru dengan berbincang-bincang bersama teman lain yang lebih lama tinggal di kos…hehe. Padahal saat itu, saya juga memperhatikan aktivitas mahasiswa baru lain yang sangat sibuk mempersiapkan perlengkapan OKKA yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Beberapa menit kemudian salah satu teman kos iseng bertanya kepada saya,

“Hai, Res, wah, kamu udah siap semuanya untuk besuk ya?”

Namanya Wahyu. Dia salah seorang mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia yang tinggal satu kos dengan saya.

“Emang apa aja sih yang perlu disiapkan, Wahyu? Paling Cuma seragam hitam putih dan alat tulis.” Jawab saya.

“Hah….kamu sedang bercanda ya, Res?” sahutnya sambal merasa heran.

“Emang apa aja coba?” Tanya saya dengan sedikit percaya diri.

Kemudian Wahyu menunjukkan berkas OKKA yang berisi semua persyaratan dan perlengkapan yang wajib dibawa oleh semua mahasiswa baru. Saya pun terkejut,

“Hei…hei…darimana kamu dapatkan berkas ini, wahyu?” Tanya saya dengan sedikit rasa khawatir.

“Loh, kita semua kan mendapatkannya saat registrasi ulang. Emang kamu belum registrasi ulang yah?” jelasnya.

“Waduuuuuuuuuhhh….gimana ini Wahyu? Aku udah registrasi ulang, tapi sepertinya lupa tidak mendaftar OKKA. Jadinya aku gak tahu semua persyaratan wajib yang harus disiapkan.” Jawab saya dengan penuh rasa khawatir.

“Emang apa aja sih perlengkapan yang mesti dibawa?” Saya bertanya lagi.

Setelah itu wahyu meminjamkan berkas dokumen OKKA kepada saya.

“Ya Allah,,,,banyak sekali perlengkapannya! Padahal besuk OKKA sudah dimulai ya. Gimana ya Wahyu?” Gerutu saya.

Dengan penuh rasa keheranan, Wahyu pun memberikan masukan. Walaupun sesekali dia juga menertawakan saya.

“Gini aja Res, kamu kan masih punya waktu untuk mempersiapkan apa saja yang bisa dikerjakan, seperti topi, papan nama, dsb. Sedangkan untuk tas kain, kebetulan kemarin aku bikin dua. Kamu bisa pakai satu.”

“Waaaaahh…..kebetulan sekali kau buat dua tas kain ya, Wahyu. Makasih banget yaa.. Okay, sekarang aku akan pergi ke toko untuk mencari perlengkapan lainnya.” Kata saya dengan agak lebih bersemangat.

“ Sukses ya, Restu.” Jawabnya dengan memberi semangat.

“Siiiiiiiiiippppp…” ucap saya dengan penuh harapan.

 

***********

Kegiatan OKKA pun dimulai. Saya tampil cukup percaya diri ketika bersiap-siap menuju ke kampus, tepatnya di lapangan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Saya yakin semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah tersiapkan dengan baik tadi malam. Saya juga sampai rela begadang untuk menyiapkan semuanya. Waktu itu, kita semua harus berangkat pagi-pagi buta untuk memasuki kampus FBS, karena memang aturannya begitu. Bagi yang terlambat datang ke lapangan atau tidak melewati jalan yang ditentukan oleh panitia, akan mendapatkan hukuman yang berat. Pagi itu, cukup banyak MABA yang dihukum karena terlambat datang ke lapangan. Mereka harus berlari mengelilingi lapangan sebanyak 3 kali. Selain itu mereka juga mendapatkan gertakan dari para panitia seksi giat didik dan keamanan yang kebanyakan berpenampilan garang. Salah satunya adalah mas Afif, mahasiswa seni Rupa angkatan 2000. Dengan penampilannya yang gimbal khas reggae dan tubuhnya yang agak gemuk, dia tidak pandang bulu memberikan hukuman kepada siapa saja yang melanggar aturan OKKA.

“Alhamdulillah,,,untung saja aku tidak terlambat… Jadi aman…”gumam saya dalam hati.

Dalam OKKA, semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Oleh panitia, masing – masing kelompok itu diberi nama khusus yang diambil dari nama makanan khas Nusantara. Setiap kelompok ini dibimbing oleh  seorang LO. Saat itu nama kelompokku adalah Geplak, sedangkan LO yang mendampingi adalah Uda Andika. Dia adalah mahasiswa jurusan Sastra Perancis angkatan 2002. Selama kegiatan OKKA, peserta harus memanggil semua anggota panitia dengan Uda dan Uni yang merupakan sebutan kakak dalam bahasa Minang. Uda berarti kakak laki-laki, sedangkan Uni adalah kakak perempuan. OKKA ini berlangsung selama 5 hari. Pada hari pertama, panitia mengumumkan semua aturan yang harus ditaati oleh semua peserta OKKA selama 5 hari kedepan. Salah satunya adalah pengecekan perlengkapan, atribut, dan barang – barang yang harus dibawa sebelum acara utama dimulai. Pengecekan barang bawaan dipandu oleh LO di masing – masing kelompok. Ketika MC menyebutkan salah satu nama barang, kita harus mengangkatnya keatas. Sedangkan pengecekan atribut dilakukan oleh panitia seksi acara. Saya masih ingat jelas, yang menjadi MC saat itu adalah uni Zulfa Zakiya, seorang mahasiswi sastra inggris angkatan 2002. Ketika menjadi MC, dia terkenal sangat cerdas, tegas dan lugas. Dia mampu membawakan setiap acara OKKA penuh dengan kemeriahan.

Seperti aturan yang telah diumumkan, kegiatan pertama dalam OKKA adalah pengecekan barang bawaan, dipandu oleh LO pada masing – masing kelompok. Nah, mulai saat itulah, peristiwa tak terlupakan semasa hidupku itu terjadi. Ketika MC menyebutkan salah satu barang, semua peserta harus mengangkatnya keatas. Kemudian LO mengecek dan mencari peserta dalam kelompoknya yang tidak membawa barang bawaan itu. Ting……. Ternyata ada yang terlewat. Roti bungkus seharga 1000 rupiah. Saya benar – benar lupa tidak membawanya. Saking gugup dan terburu – buru, saya sampai lupa tidak mengecek ulang barang bawaan saya pada malam hari sebelumnya di kos. Saya mencoba berpura – pura seolah saya membawanya dengan menunjukkan plastik bungkus roti yang berserakan disekitarku.Tapi akting saya itu akhirnya ketahuan juga.

“Aduuuuuuh…..gimana ini?” Gumam saya dalam hati. Kemudian uda Andika menyuruh saya untuk maju kedepan. Siapa saja yang tidak membawa barang bawaan, maka harus maju kedepan untuk menerima hukuman.

“Gawaaaaaat….ternyata dalam satu kelompok cuma aku saaj yang mendapat hukuman.” Ungkap saya lirih.

Selain berdiri didepan lapangan menghadap panitia, semua atribut yang saya kenakan seperti topi, papan nama, pakaian, dan sepatu juga dicek.

“Gilaaaaa……sepatuku!!!” perasaan khawatir yang diikuti keluarnya keringat dingin mulai menjalar di seluruh tubuh saya setelah  teringat akan sepatu yang saya kenakan. Seperti yang tertera dalam aturan OKKA, peserta harus memakai sepatu ket hitam, bukan sepatu fantofel. Dalam kondisi nervous seperti itu, saya tetap berusaha menyembunyikan sepatu yang saya kenakan pada rerumputan di sekitar kaki saya. Tapi ternyata tetap ketahuan juga. Mas afif memanggil saya dengan gertakan yang sangat keras, hampir memecahkan gendang telinga. Sambil memukul sepatu fantofel yang saya kenakan, dia berteriak,

“Hei…….iki sepatu opo??? Sopo seng ngakon nganggo sepatu koyo ngene iki??...ha!!!”

Karena melakukan dua macam pelanggaran, hukuman saya menjadi sangat berat. Setelah menerima cercaan dan makian yang sangat kasar dari panitia, saya distrap dan disuruh berlari mengitari lapangan sebanyak 4 kali.

Baru saja selesai hari pertama OKKA, penampilan saya sudah acak – acakan.  Selama perjalanan pulang ke kos, beberapa teman dalam kelompok saya mentertawakan saya. Salah seorang diantara mereka ada yang bilang bahwa saya ini lucu,

“Hahahaha,….kamu anak mana sih? Penampilanmu lucu saat dihukum.” Namanya Arbar, mahasiswa baru sastra inggris. Kemudian dia melanjutkan dengan sedikit memotivasi,

“Santai brow, OKKA masih panjang, siapkan diri untuk besuk…..haha.”

Sesampainya di kos, saya langsung disambut tawa oleh teman – teman di kos. “hahaha…cah Ngawi, cah Ngawi…” itulah kata – kata yang masih melekat dalam ingatan saya. Diantara teman – teman saya yang satu kos, hanya Wahyu yang paling banyak memberikan perhatian pada saya. Selain mengurus perlengkapannya sendiri, dia juga membantu saya untuk memastikan bahwa tidak akan ada barang yang terlewat di hari kedua OKKA.

*********

Keesokan harinya di pagi hari yang buta, saya dan teman-teman satu kos berangkat bersama menuju lapangan FBS. Yang biasanya berangkat bersama saya adalah Wahyu dan Luqman karena mereka memang satu kelompok dengan saya. Alhamdulillah, saya sampai di lapangan FBS tepat waktu, sehingga tidak mendapatkan hukuman lagi. Pagi itu, banyak juga peserta yang terlambat dan langsung mendapatkan hukuman. Ada juga diantara mereka yang melewati jalan pintas, tapi kemudian langsung dicegat oleh panitia dan digiring menuju lapangan untuk mendapatkan sanksi. Kerasnya teriakan panitia dan banyaknya peserta yang disetrap membuat suasana menjadi semakin menegangkan.

Seperti biasa, sebelum acara OKKA dimulai, panitia melakukan pengecekan barang bawaan dan atribut yang dikenakan oleh peserta. Saya kemudian baru sadar bahwa ternyata ada yang terlewat lagi….. Permen lima bungkus!!  

“Tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk!! Aku bisa kena hukuman lagi dong kalau begini.” Kata saya dalam hati. Dengan perasaan yang cukup nervous, saya juga mencoba berpura – pura seolah saya membawa permen itu dengan jumlah yang sesuai. Saya kemudian mengambil bungkusan permen yang berserakan di lapangan agar terlihat jika saya benar-benar membawanya. Ketika menunjukkannya keatas, ternyata uda Andika mengetahuinya dan langsung menyuruh saya maju kedepan. Yahhhhh…Akhirnya saya mendapatkan hukuman lagi.

Parahnya, kejadian itu terulang lagi sampai hari terakhir OKKA: Mendapatkan hukuman karena kurangnya perlengkapan dan terkena hukuman. Sehingga  selama 5 hari OKKA, saya selalu saja mendapatkan hukuman karena barang bawaan yang tidak lengkap. Setiap kali pulang dari kegiatan OKKA, wajah saya penuh corengan dan rambut saya juga acak-acakan karena seringnya diberi hukuman dan pelajaran oleh panitia.  Karena kejadian ini, semua teman-teman dalam kelompok saya memberikan julukan kepada saya “si tukang langganan hukuman,” karena setiap hari saya selalu saja dihukum. Ini semua gara-gara ketidaksiapan saya dalam mengikuti OKKA, karena kecerobohan saya sendiri yang tidak mendaftar OKKA ketika registrasi ulang dulu. Saya masih bersyukur bahwa untung saja saat itu ada Wahyu yang membuat dua tas kain dan meminjamkan salah satunya ke saya. Bisa dibayangkan jika saya tidak membawa tas kain pada saat OKKA. Hukumannya pasti bakal sangat berat lagi. Menurut saya diantara teman-teman saya yang satu kos, Wahyu lah yang paling berjasa. Saya banyak berterimakasih sama dia…. Well, hukuman itu ternyata memberikan banyak pelajaran yang cukup berharga saya dan kita semua para peserta. OKKA mengajarkan kita akan arti penting dari sebuah rasa tanggung jawab, kedisiplinan, kebersamaan, dan kekeluargaan. Tugas yang dibebankan pada kita semua sebenarnya juga bertujuan agar kita dapat saling mengenal satu sama lain. Pokoknya, kita menjadi banyak belajar melalui kegiatan ini. Dan yang pasti, hukuman saat OKKA itu menjadikan saya cukup terkenal ……hahahaha.

Sungguh sayang, saat ini OKKA hanyalah tinggal kenangan. Kegiatan OKKA telah ditiadakan, dan sebagai gantinya, UNNES menyelenggarakan kegiatan PPA (Pengenalan Program Akademik) untuk penyambutan mahasiswa baru. Tentu saja sangat berbeda dengan OKKA, semua acara dalam PPA hanyalah sebatas orientasi pengenalan akademik saja. Tidak lebih, layaknya OKKA.  

 

 

Kamis, 17 Juni 2021

Apa itu Literasi?


Apa Itu Literasi?

*Aziza Restu Febrianto


Seiring berkembangnya jaman, kemajuan pesat di bidang informasi dan teknologi (IT) juga semakin tidak terelakkan lagi. Sebagai dampaknya, perubahan pada berbagai macam aspek kehidupan menjadi semakin terasa. Pada pertengahan abad 21 ini, gobalisasi tidak hanya mulai dirasakan oleh kalangan tertentu saja, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda. Dari orang tua sampai yang muda, dari yang kaya sampai yang paling miskin dan dari yang tinggal di pusat perkotaan hingga mereka yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). 

Seluruh penjuru negeri merasakan perubahan efek globalisasi ini. Perkembangan bidang IT dan dunia digital ini membuat akses internet sangat mudah dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Dampak yang nyata dan langsung dirasakan adalah penggunaan social media, Youtube dan browser lainnya yang hampir semua orang menikmati layanannya tanpa henti setiap hari.

Untuk tujuan efektifitas dan efisiensi kerja, maka semua kegiatan dan tugas manusia banyak terfasilitasi oleh internet. Dari mendaftar sekolah, melamar pekerjaan hingga bermain game, semuanya dimediasi oleh internet. Dari yang dulu biasanya membeli kaset, VCD atau DVD di toko musik atau penjual keliling di pasar, sekarang orang tinggal menikmati semua lagu kesukaannya di YouTube secara gratis. Jika ingin mengoleksi, kita tinggal download semua lagu dan video klip tanpa khawatir dianggap melakukan pembajakan. 

Jika dulu banyak orang berbondong-bondong pergi ke toko buku atau perpustakaan, sekarang tinggal klik menu di Smartphone, kemudian milyaran informasi sudah tersedia disana secara gratis. Dampaknya, banyak ditemukan perpustakaan dan toko buku yang sepi pengunjung atau banyak pula buku yang dijual murah diloakan atau di pinggir-pinggir jalan karena sudah tidak laku lagi. Perubahan IT yang sangat pesat dan berdampak signifikan pada kehidupan manusia secara massive ini tentunya menjadi tantangan tersendiri. Banyak yang menyikapinya secara positif, namun juga banyak pula yang memanfaatkannya secara tidak bertanggung jawab.

Tidak semua orang menyikapi perubahan dengan cara yang positif. Jika dulu kita sempat membayangkan bahwa dengan dikembangkannya dunia IT dan munculnya arus informasi melalui pusaran internet, yang dikhawatirkan adalah bentuk-bentuk kejahatan seperti cyber crime atau kriminalitas melaui media online, pornografi tiada batas serta Games addiction atau kecanduan game yang melenakan. Maka tantangan kita sekarang dan kedepan tidak hanya sekedar itu lagi, generasi ini semakin menghadapi tantangan arus globalisasi yang lebih kompleks. 

Penggunaan Smartphone yang bersisi berbagai macam fitur dan aplikasi juga menjadi tantangan tersendiri. Penggunaan social media seperti facebook, twitter, instagram, dll bisa juga memunculkan masalah dan tantangan. Informasi yang baik dan positif tentunya bisa kita apresiasi. Tapi dengan penyebaran hoax atau informasi yang tidak bertanggung jawab dan tidak jelas sumbernya menjadi masalah tersendiri. Aktivitas sarkasme, fitnah, bullying dan penghinaan di media sosial juga sangat rawan terjadi.

Dengan semuan tantangan perubahan sebagai akibat globalisasi yang bebas ini, sudahkah kita berbuat sesuatu untuk ikut membantu menghadapinya? Tantangan kedepan justru lebih kompleks karena perubahan inevitably akan selalu terjadi. Jika bangsa ini tidak siap menghadapinya, maka tentu saja akan tergilas oleh mereka yang sudah siap. Akhirnya ketidaksiapan ini akan berdampak pada aspek kehidupan lain seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya di negeri kita. Mungkin cara yang paling rasional dan sangat bisa dilakukan menurut saya adalah melalui pendidikan dan program kesadaran Literasi.

What does “literacy” really mean?

Jika kita mencari kata Literasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka maknanya adalah kemampuan membaca dan menulis. Ini merupakan makna dasar dan istilah literasi pada awalnya memang ditujukan pada keterampilan membaca dan menulis seseorang. Dalam perkembangannya, dan sesuai dengan perubahan jaman, istilah Literasi mulai bergeser dan sering dipakai untuk memaknai keterampilan pada ruang lingkup yang lebih luas lagi. Berikut definisi Literasi menurut UNESCO:

The ability to identify, understand, interpret, create, communicate, compute and use printed and written materials associated with varying contexts. (UNESCO)

Literasi adalah keamampuan mengidentifikasi, memahami, menterjemahkan, menciptakan, mengkomunikasikan, memperhitungkan dan menggunakan materi dalam berbagai macam konteks. Berbagai macam konteks ini menurut saya maknanya adalah berbagai macam situasi dan kondisi sesuai dengan perubahan jaman. Literasi juga mencakup proses belajar yang terus menerus or Lifelong learning yang dapat membantu seseorang mencapai tujuan hidupnya, mengembangkan ilmu pengetahuan dan potensinya di masyarakat dan komunitas yang lebih luas.

Jadi tidak sesederhana itu kan makna Literasi?

Mengacu pada latar belakang kondisi bangsa dan perkembangan jaman yang tidak terelakkan, keterampilan Literasi ini benar-benar  sangat perlu dikembangkan dan dipromosikan pada seluruh lapisan masyarakat baik yang tua, muda, kaya, miskin, dsb. Jika keterampilan Literasi ini sudah diperoleh, maka seseorang akan dapat mudah mengaplikasikan apa yang diperolehnya dengan efektif dan efisien. Keterampilan ini memungkinkan mereka untuk mampu berfikir secara ilmiah dan akurat, mengambil keputusan secara tepat, serta mampu menyikapi berbagai macam masalah dengan bijaksana. Pada tingkatan Literasi paling tinggi, seseorang diharapkan menjadiProblem solver atau pemberi solusi pada berbagai macam masalah dan tantangan yang ada di sekitar mereka sesuai dengan bidang keilmuan dan keahlian masing-masing.

Dalam konteks Indonesia dengan permasalahannya yang kompleks, dari Sabang sampai Merauke, tentu pemerintah dan stake holderslainnya tidak mungkin bisa bekerja sendiri. Program –program pemerintah yang sangat baik tidak akan bisa berjalan tanpa adanya partisipasi masyarakat. Percuma jika pemerintah menggalakkan program yang begitu menjanjikan jika rakyat tidak mendukung dan melaksanakannya secara konsisten. Sehingga program hanyalah untuk menghabiskan target anggaran saja alias program proyek. Disinilah muncul yang namanya “Gap.” Jika dalam ilmu komunikasi, ada istilah namanya Information Gap. Artinya jika kita sedang berinteraksi dan berkomunikasi, tentu saja tidak semua informasi dari pembicara bisa kita tangkap dan internalisasi. 

Kita hanya bisa menyimpulkan dan menebak maksud serta menspekulasi apa yang terjadi sesuai dengan prior-knowledge atau sudut pandang kita saja. Informasi yang hilang dan tidak terdeteksi inilah yang dimaksud denga Information GapInformation Gap sudah biasa terjadi diantara pemerintah dengan masyarakat dan ini harus dicarikan solusi. Dengan apa? Tentunya dengan cara menjembataninya melalui pihak ketiga. Dan itulah tugas kita para pecinta ilmu pengetahuan untuk bergerak menjadi pihak ketiga. 

Jumat, 11 Juni 2021

Teachers’ and Students' Scaffolding in Second Language Learning [Scientific Article]

My article published by the Education and Linguistics Knowledge Journal of Universitas Islam Kadiri by the end of 2019.


 Teachers’ and Students' Scaffolding in Second Language Learning

*Aziza Restu Febrianto


Abstract

The aim of this paper is to show how scaffolding from teacher to students and that from students to students work during a sequence of language learning in which communication skills and fluency are the goals to reach. Pedagogical sequence that includes the roles of teacher in facilitating students involved in various types of learning activity and tasks has been analysed to find educational implications of the theories. Based on the data of some empirical studies, it shows that the strategy used by teacher to facilitate the activities and give corrective feedbacks is very helpful to make students focus on the goals. This is how scaffolding from teacher works efficiently in classroom learning. Pair and group work interactions among students with different characteristics also prove how scaffolding from students to students are present and contributes to the communication skills development. However, not all students can provide useful scaffolding for others due to their different personality. In conclusion, the teacher’s scaffolding and students’ scaffolding occur in different patterns (Storch 2002: 119-158). Teacher’s scaffolding comes in a various range of support, while student’s scaffolding might be helpful, but not as significantly as that of the teacher.

The full paper can be accessed here Edulink Vol .1 No. 2 (2019)


Situs Web Terbaik Untuk Latihan IELTS

 


Situs Web Terbaik Untuk Latihan IELTS

*Aziza Restu Febrianto


Berikut ini adalah 5 (Lima) situs web yang pernah berjasa dalam membantu saya menaikkan skor IELTS saya pada tahun 2016. Tapi saat itu saya hanya berfokus pada bagian Writing saja, karena hanya di bagian inilah saya benar-benar struggling alias mengalami kesulitan untuk mendapatkan skor 6.5 setelah sebelumnya pernah mengambil 2 kali Official test. Alhamdulillah, melalui usaha keras, akhirnya saya bisa mendapatkan skor diatas 6.5. Dengan skor IELTS ini, Alhamdulillah, saya juga bisa diterima pada program Master di 5 universitas terbaik dunia sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan di University College London (UCL).

  • IELTS Advantage

Ketika sedang mencari soal-soal latihan di Google, saya menemukan situs web IELTS Advantage dan langsung saja mulai belajar dan berlatih mengerjakan soal di sana terutama Writing. Ternyata situs web ini juga mempunyai Youtube channel yang memberikan tips mengerjakan Writing Task 1 & 2. Menurut saya, penjelasan guru dalam channel itu sangatlah terstruktur dan mudah dimengerti, meskipun dia adalah seorang native dari Amerika yang biasanya berbicara cepat. Dengan mengikuti penjelasannya, IELTS writing yang kelihatannya susah dan rumit menjadi terasa mudah untuk saya kerjakan. Saya, yang pada waktu itu masih takut untuk menulis esai dalam bahasa Inggris menjadi percaya diri untuk bisa menulis dengan baik.

  • IELTS Buddy

Situs web IELTS Buddy cukup asyik untuk dikunjungi karena semua fitur tertata dengan sangat rapi. Kita bisa berlatih dan mengukur kemampuan kita mengerjakan soal-soal IELTS secara langsung di situs web ini, terutama Listening dan Reading. Menurut saya, sampai saat ini belum ada situs web yang bisa memberikan penilaian Writing dan Speaking secara akurat dan komprehensif (belum ada sistem yang bisa menggantikan manusia). Tapi no problem bagi saya, karena yang saya butuhkan hanyalah latihan Writing. Situs web ini memberikan banyak sekali contoh soal Writing Task 1 & 2 beserta contoh jawaban dan skornya. Yang saya lakukan saat itu adalah mencari contoh soal yang sulit untuk dikerjakan sendiri di rumah dan membandingkan jawaban saya dengan contoh yang skornya tinggi. Dengan membandingkan jawaban tersebut, saya akhirnya bisa belajar banyak hal khususnya menulis dengan menggunakan pola kalimat dan kosakata yang variatif (Grammatical & lexical range).

  • IELTS Liz

IELTS Liz dikelola oleh seorang pengajar IELTS profesional dari Inggris bernama Elizabeth Ferguson. Mirip dengan IELTS Buddy, IELTS Liz memberikan berbagai macam fitur dan sarana latihan soal untuk semua bagian di tes IELTS. Menurut saya, yang membedakan IELTS Liz dengan situs web lainnya adalah kontennya yang jauh lebih beragam dan materi yang terus diperbarui. Sangat produktif! Selain materi pembelajaran, terdapat pula kolom forum untuk komunikasi, beropini, dan berkomentar. Kolom ini bisa digunakan oleh para pengunjung agar mereka bisa berinteraksi dengan pengelola situs web, bertanya dan berbagi pengalaman belajar. Komentar ini pun juga direspon secara cepat oleh pengelolanya. Saya pernah mencoba memberikan komentar di dalam kolom tersebut, dan sehari kemudian, saya mendapatkan balasan. Jawabannya pun juga memuaskan. Tidak hanya situs web, IELTS Liz juga mempunyai Channel Youtube seperti IELTS Advantage dimana pengisinya adalah Elizabeth sendiri, sang pengelola dan penulis konten situs web itu. Melalui channel itu, kita bisa mendapatkan banyak sekali tips dan strategi memperoleh skor tinggi untuk semua bagian di IELTS.

  • IELTS-exam.net

IELTS-exam.net adalah situs web pertama yang saya kunjungi ketika belajar IELTS dan bahkan ketika sedang mempersiapkan Official IELTS yang saya ambil untuk pertama kalinya pada tahun 2011. Pada saat itu, saya mempersiapkan diri bersama teman saya ketika masih tinggal di kos di Semarang. Dia juga mengambil tes pada jadwal yang sama. Kebetulan dia mempunyai wifi pribadi (modem) yang bisa digunakan untuk berselancar internet dengan menggunakan laptop. Saat itu, belum ada smartphone. Kalau tidak salah HP yang populer waktu itu adalah Blackberry, tapi tipe terbaru HP jenis ini pun juga belum bisa digunakan seperti halnya smarphone sekarang ini. Pada situs web IELTS-exam.net, saya menemukan sebuah kolom simulasi untuk latihan mengerjakan Listening dan Reading. Saya pun juga bisa memperkirakan skor yang akan diperoleh dengan layanan ini secara gratis. Sehingga situs web ini sangat membantu sekali disaat materi-materi IELTS hanya bisa diakses secara berbayar dan di buku-buku yang mahal harganya pada waktu itu. Tampilan situs web yang sekarang tentu sudah jauh berbeda dengan yang dulu. Tentunya sekarang fitur dan fasilitasnya jauh lebih lengkap.

  • IELTS Simon

IELTS Simon ini adalah situs web yang terakhir saya gunakan pada saat mempersiapkan Official IELTS pada tahun 2016. Saya mendapatkan rekomendasi mengenai situs web ini dari teman saya yang sudah diterima di Monash University, Australia. Dia mengatakan bahwa situs web ini banyak memberikan pembahasan dan contoh jawaban Writing dari soal yang telah diujikan di Official test sebelumnya. Karena merasa sangat membutuhkan pembahasan tentang Writing, seketika saya langsung meluncur ke situs web tersebut. Disana saya menemukan banyak sekali contoh esai yang sangat berkualitas dengan variasi pola kalimat dan kosakata yang advanced. Penulis mengklaim bahwa semua esai itu mendapatkan skor 9.0. Meskipun tidak disebutkan sumber resmi dan alasan kenapa esai tersebut mendapatkan skor yang tinggi, saya merasa esai tersebut memang sangat berkualitas karena mempertimbangkan karakteristik tulisan yang cukup concise atau padat dan tidak bertele-tele dengan lexical density yang mumpuni, serta pemilihan ide yang tepat. Yang saya lakukan dengan situs web ini juga sama dengan situs web lainnya, yaitu mengerjakan soal yang saya ambil dari situs web tersebut, kemudian mencocokkan jawaban saya dengan contohnya, dan mempelajari variasi pola kalimat dan kosakata yang digunakan. Situs web ini dikelola oleh seorang mantan penguji IELTS yang tinggal di Manchester, Inggris.

Mungkin semua situs web ini bisa kalian coba kunjungi ketika sedang mempersiapkan Official test. Namun, menurut saya, belajar dan latihan mandiri saja tidaklah cukup, khususnya Writing dan Speaking. Karena kedua bagian ini merupakan Productive skills, maka alangkah lebih baiknya jika kita juga mendapatkan bantuan dari orang lain untuk memberikan penilaian dan feedback. Selain belajar mandiri dengan menggunakan semua situs web tersebut, saya juga memutuskan untuk mengikuti simulasi Writing sekaligus mendapatkan penilaian dan feedback dari tutor di sebuah lembaga pembelajaran IELTS di Semarang. Bagi saya, simulasi dan feedback yang diberikan ini penting sekali karena selain untuk mengukur seberapa siapkah kita untuk mengerjakan soal, harganya pun juga sangat murah (bahkan ada yang gratis) jika dibandingkan dengan Official test yang mahal. Kita bisa mengambilnya hanya untuk memastikan bahwa kita benar-benar sudah siap mengambil Official test.

Selain harga Official test yang mahal, pada saat itu, saya juga hanya membutuhkan waktu 2 bulan saja untuk persiapan tes, karena setelah diterima sebagai penerima beasiswa LPDP pada akhir Desember 2015, saya harus segera mengambil Official IELTS test sebagai salah satu syarat wajib untuk diterima di kampus impian saya di Australia atau Inggris. Saya mendaftar tes pada awal Januari 2016, dan tesnya sendiri dilaksanakan pada 2 April 2016. Banyak sekali latihan yang saya lakukan waktu itu, terutama untuk memastikan bahwa saya benar-benar sudah familiar dengan soal IELTS dan menemukan strategi yang jitu untuk menaklukkannya.

Selamat belajar dan sukses untuk IELTSnya ya guys!