Selasa, 06 Oktober 2020

Rezeki Dibalik Pandemi

Rezeki Dibalik Pandemi

*Aziza Restu Febrianto


Masa “Stay Home”

Perubahan yang dahsyat terjadi sejak pertama kali ditemukan bahwa COVID-19 menyebar di Indonesia pada awal tahun 2020. Kondisi ekonomi secara tiba-tiba merosot karena semua orang seolah dipaksa untuk tetap tinggal di rumah dan berupaya untuk tidak keluar rumah jika memang tidak terpaksa. Semuanya demi menghindari penularan virus berbahaya ini. Kondisi ini akhirnya mengurangi penghasilan para pedagang yang menjajakan produk atau jasanya karena banyak orang enggan berbelanja. Selain takut harus keluar rumah, mereka juga khawatir jika akan tertular melalui barang yang mereka beli. Tidak sedikit pula para pengusaha dan pemilik perusahaan yang mem-PHK para karyawannya karena revenue atau pendapatan mereka tidak seimbang dengan pengeluaran operasional.

Menjadi relawan COVID-19 di desa

Aktivitas sholat berjarak 1 meter



Saya mungkin adalah salah satu orang yang masih agak beruntung selama masa pandemi ini karena masih bisa bertahan dengan kebutuhan yang tercukupi. Memang sejak pertama kali diberlakukannya atauran Stay home, Social distancing dan PSBB, saya harus pulang ke kampung halaman karena beberapa tempat kerja saya di Semarang tutup. Cukup kaget waktu itu karena saya harus segera bisa beradaptasi dan memastikan semua kebutuhan terpenuhi dengan kondisi tidak bekerja. Bisa juga dikatakan sangat menantang juga dikarenakan saya sudah berkeluarga dengan satu anak. Saat diberlakukannya PSBB, banyak kota dan kabupaten menerapkan aturan terhadap terutama bagi warganya yang sering keluar kota dan orang yang datang dari luar kota. Bagi orang yang keluar kota, wajib untuk melapor kepada kepala desa setempat dan jika mereka tinggal cukup lama di luar kota, ketika kembali ke desanya lagi, mereka harus dikarantina mandiri selama 14 hari. Aturan ini kemudian membuat saya harus tinggal di rumah dan menganggur. Jika dihitung, saya sudah tinggal di rumah tanpa pekerjaan kantor selama 3 bulan, dari bulan Maret hingga Juni 2020.

Pada awalnya saya cukup bingung memikirkan penghasilan yang harus saya dapatkan meskipun saya masih mempunyai uang tabungan. Dengan keadaan yang tidak menentu saat itu, tabungan yang saya punya itu pasti akan habis jika tidak ada penghasilan. Namun, Alhamdulillah, setelah satu bulan penuh tanpa pekerjaan, saya akhirnya mendapatkan kesempatan mengajar beberapa siswa yang ingin belajar IELTS secara daring (online) dari salah satu lembaga tempat saya bekerja paruh waktu. Bahkan salah satu siswa tersebut berasal dari Tiongkok dan meminta untuk belajar secara privat. Uniknya, setelah ngobrol, ternyata siswa itu berasal dari Wuhan dimana COVID-19 pertama kali ditemukan. Namun pada saat belajar, dia sedang tinggal di Semarang dan belum bisa pulang ke Wuhan karena kota tersebut sedang ditutup (Lockdown). Beberapa siswa yang saya ajar tidak masuk dalam satu kelas, melainkan 4 (empat) kelas. Dengan mengajar 4 kelas, Alhamdulillah, kebutuhan saya dan keluarga menjadi terpenuhi selama 2 bulan di rumah. Kegiatan saya selama di rumah lumayan bervariasi. Selain mengajar secara daring, saya juga mengisi acara webinar gratis dan membantu relawan bebas COVID-19 di desa. Semua ini saya lakukan hingga lebaran tiba. Alhamdulillah, aktivitas ini yang membuat pikiran saya produktif meskipun tetap tinggal di rumah.

Mengajar daring dari rumah

Menjadi Co-founder Lister

Lister adalah salah satu lembaga kursus bahasa online (daring) yang berdiri pada tahun 2019. Saya sempat menjadi pengajar tidak tetap di Lister sejak saya diterima pada Februari tahun 2020. Karena berstatus sebagai pengajar tidak tetap, saya hanya sempat mengajar satu siswa saja di Lister. Itupun kelasnya tidak sampai selesai (hanya 2 kali pertemuan saja) karena siswanya yang susah dihubungi. Walaupun hanya mengajar satu orang siswa, saya mempunyai kesan positif tentang Lister. Saya melihat lembaga ini memiliki peluang besar untuk maju dan berkembang. Selain itu, diantara banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris baik luring maupun daring, Lister menurut saya sangat berbeda. Para pengajar Lister rata-rata adalah para lulusan Master dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan latar belakang pendidikan yang bermacam-macam. Alasan inilah yang membuat saya bersemangat untuk membantu para pendirinya ketika menyelenggarakan program dan kegiatan. Semangat dan komitmen ini saya sampaikan kepada para pendiri Lister. Bahkan ketika tidak dibayar pun saya tetap berkeinginan untuk membantu Lister.

Mendekati hari lebaran, tepatnya pada tanggal 23 Mei 2020, salah satu pendiri Lister, Masyithoh Anies yang dulu mewawancarai saya ketika proses rekrutmen pengajar menghubungi saya. Dia secara tidak terduga memberikan tawaran kepada saya untuk menjadi Co-founder Lister yang mengurusi bidang operasional dan pengembangan akademik atau istilah kerennya Chief Academic Officer (CAO)..hehe. Tanpa ragu saya menerimanya, ya karena saya memang mempunyai komitmen untuk mengembangkan Lister. Komitmen saya juga masih seperti dulu, yaitu membantu Lister tanpa mengharapkan gaji. Mungkin komitmen ini terlihat konyol dan naïf, tapi bagi saya yang paling penting dalam hidup itu adalah warisan dan jejak rekam yang baik. Mendapatkan keuntungan berupa materi tentu juga sangat membahagiakan, hanya saja itu hanya bonus bagi saya. Saya ingin berjuang secara keras menjadi bagian dari pencipta suatu perubahan, bukan penikmat perubahan itu sendiri. Saya ingin anak dan keturunan saya kelak melihat semua upaya ini, mengejar keberkahan hidup, bukan materi semata.

Setelah mantab menerima tawaran, saya pun diminta untuk bertemu langsung dengan Founder Lister, Sigit Arifianto, dan pada tanggal 9 Juni 2020, saya, ka Anies mas Sigit bertemu di sebuah café kecil tepatnya di Kec. Tawangmangu, kaki gunung Lawu. Kita bertiga ngobrol dan membahas kontrak kerja bersama. Sejak saat itu, saya resmi diangkat menjadi Co-founder yang unit kerja spesifiknya adalah melakukan riset dan mengembangkan semua program akademik Lister. Saya juga memastikan lagi ke mereka bahwa profesi saya adalah dosen di kota Semarang, sedangkan kantor Lister berada di Jogja, saya tentu akan kesulitan melakukan koordinasi secara langsung tatap muka di Jogja. Mereka bilang, fokus utama Lister adalah pembelajaran daring, jadi koordinasi lebih banyak dilakukan secara daring juga. Mas Sigit kemudian menambahkan, “Tidak masalah mas. Justru dengan menjadi dosen, perpektif akan luas. Siapa tahu bisa memperkaya Lister kedepan.” Mendengar penjelasan itu, saya tentu saja langsung mantab melangkah. Tapi saya juga menyadari akan keterbatasan saya yang memegang dua profesi berbeda secara bersamaan. Sehingga saya hanya bisa berusaha keras meskipun belum mendapatkan profit sama sekali. Mudah-mudahan semua usaha ini tidak akan sia-sia dan mengantarkan Lister pada keberhasilan mendapatkan pendanaan dari investor yang bisa mensejahterakan banyak orang. Amin YRA.

Pertemuan dengan mas Sigit, Founder Lister

Menjadi Dosen Tetap

Setelah menjalani kegiatan sosial dan fokus mengerjakan pengembangan program Lister selama 2 bulan, saya tiba-tiba mendapatkan informasi dari seorang rekan kerja tentang lowongan kerja dosen melalui ibu Helena I.R. Agustien yang merupakan dosen saya waktu kuliah S1 dulu. Menurut saya, beliau adalah salah satu pakar di bidang pengajaran bahasa Inggris di Indonesia karena kiprahnya dalam pengembangan kurikulum nasional. Setelah pensiun, beliau kemudian mengambil peran sebagai dosen dan dekan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nasional karangturi (Unkartur) di Semarang. Rekan kerja saya itu membagikan tangkapan layar salah satu status Facebook ibu Helena tentang lowongan itu di group WA. Saya pun penasaran dan cekidot Facebook.

Tanpa ragu, saya kemudian langsung menghubungi beliau melalui Facebook messanger dan menanyakan lowongan tersebut. Beliau kemudian menanyakan latar belakang pendidikan dan pekerjaan saya serta meminta saya untuk mengirimkan surat lamaran dan semua dokumen pendukungnya via pos. Malam itu juga saya langsung membuat lamaran dan menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan. Sayapun juga mengirimkan berkas itu secara kilat. Dan memang benar, dalam dua hari, berkas itu sampai di HRD Unkartur. Tidak berlangsung lama, saya kemudian mendapatkan pesan WA dari salah seorang karyawan HRD dan pesan itu berisi undangan tes tertulis dan wawancara. Perasaan saya tentu saja sangat bahagia ketika mendapatkan undangan itu. Awalnya saya masih ragu karena saya sudah mempunyai rencana lain sebelum mendaftar di kampus itu. Salah satu rencana saya adalah mendaftar program-program Short course di luar negeri. Tapi karena pandemi, semua rencana ini menjadi berubah dan saya merasa harus realistis melihat kondisi tidak mudahnya mendapatkan pekerjaan selama pandemi ini. 

Dengan kemantaban hati saya langsung menerima undangan itu. Saya kemudian memutuskan untuk berangkat ke Semarang dari Magetan dengan mengendarai motor karena pada waktu itu kendaraan umum sedang dilarang beroperasi. Sebenarnya keluar dari daerah Magetan pun masih dilarang. Saya juga diminta untuk bertemu dengan Kepala desa agar dibuatkan surat keterangan ijin keluar wilayah. Tapi saya memilih untuk tidak melakukannya, karena pertimbangan waktu yang mendesak dan waktu tinggal saya yang tidak lama di Semarang. Sesampainya di Semarang, saya langsung menuju kos untuk menginap semalam disana. Saya beruntung karena tidak diminta oleh warga setempat untuk lapor diri ke ketua RT dan menjalankan karantina mandiri. Saya menjelaskan kepada bapak kos bahwa saya hanya menginap semalam karena keesokan harinya akan mengikuti tes kerja. Setelah menginap semalam di kos, pagi harinya saya langsung menuju ke kampus Unkartur untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara. Tes ini berlangsung pada tanggal 8 Juni 2020 dari pukul 09.00 – 14.00. Lama sekali memang. Untuk mengerjakan tes tertulis, kira-kira saya harus menghabiskan waktu sekitar 3 jam, sedangkan wawancara hanya berlangsung sebentar. Walaupun sebentar, saya juga harus menghabiskan waktu cukup lama untuk menunggu Dekan yang pada waktu itu masih ada acara. 

Selfie setelah Tes tertulis dan wawancara

Singkat cerita sayapun akhirnya diterima sebagai dosen tetap Universitas Nasional Karangturi tepatnya di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Akhirnya impian saya untuk menjadi dosen di bidang yang saya tekuni menjadi kenyataan meskipun di universitas yang masih sangat baru. Sebagai seseorang yang pernah bekerja sebagai guru bahasa Inggris selama lebih dari 5 tahun, saya tentu ingin bisa berbagi pengalaman kepada para calon guru bahasa Inggris di kampus ini. Saya juga ingin membuat penelitian yang menggabungkan antara pengalaman dan ilmu pengetahuan yang saya miliki dengan berprofesi sebagai dosen. Sampai tulisan ini dibuat, saya sudah terhitung bekerja di kampus ini selama 2 bulan. Sebagai kampus yang masih baru, banyak sekali pekerjaan yang saya lakukan seperti membantu mengurus akreditasi prodi, mendapat tugas sebagai wakil ketua panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), ketua pengurus jurnal Prodi dan banyak urusan administrasi lainnya. 

Walaupun banyak kerjaan yang dilakukan, saya tetap bersyukur karena menurut saya, lingkungan kerja saya di Prodi sangat mendukung untuk pengembangan diri saya. Para dosen di PBI juga masih muda kecuali Kaprodi dan Dekan, sehingga diskusi kita penuh dengan ide-ide segar. Suasana kerja yang sangat terbuka juga membuat saya betah untuk bekerja. Entah seperti apa masa depan saya kelak, saya hanya menjalani apa yang sudah menjadi rezeki saya selama pandemi ini. Banyak impian yang belum terwujud sebenarnya, terutama keinginan untuk belajar di luar negeri lagi setelah hampir 3 tahun tidak pernah merasakan 4 musim di negeri orang..hehe. Tapi dengan keadaan dunia yang sedang dalam masa krisis karena pandemi ini, banyak negara yang menutup border nya dan banyak pula pembelajaran yang masih dilakukan secara daring. Saya akhirnya juga berfikir beberapa kali untuk mencari peluang ke luar negeri. Well, ssemua sudah diatur oleh yang maha kuasa. Dijalani dulu saja.  Alhamdulillah......

 

Tercatat sebagai dosen tetap ber-NIDN
di forlap.kemdikbud.go.id/perguruantinggi

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar