Rabu, 28 Agustus 2019

Paper Seminar Nasional




FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI TARUNA PENDIDIKAN PELAYARAN DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA KOMUNIKASI KEMARITIMAN

Aziza Restu Febrianto1, Haryani2
Program Studi KPN, Politeknik Bumi Akpelni
Program Studi Nautika, Politeknik Bumi Akpelni


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dan menginvestigasi faktor apa saja yang mempengaruhi pencapaian belajar mahasiswa maritim dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dalam penerapannya, 26 taruna dari Program studi Nautika dan Teknika Politeknik Bumi AKPELNI terlibat dalam penelitian ini. Pertama mereka diminta untuk mengisi angket terbuka (open-ended questionnaire) yang terdiri atas 10 pertanyaan untuk mencari peserta yang benar-benar representatif. Diantara 26 taruna, akhirnya terpilih 8 peserta yang mengikuti wawancara. Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dan luas, 8 peserta tersebut diminta untuk memberikan penjelasan jawaban yang mereka tulis di dalam angket. Mereka juga diminta untuk memberikan informasi lebih dan berbagi lebih banyak tentang ide, pengalaman, dan cerita mereka melalui wawancara. Keseluruhan cerita yang terekam dalam wawancara ini kemudian dianalisa dengan menggunakan pendekatan “Narrative Inquiry” dan “Critical Discourse Analysis” (CDA). Hasil penelitian ini menunjukkan 4 (empat) faktor kontributif yang mempengaruhi prestasi dan pencapaian taruna dalam belajar Bahasa Inggrs: Latar belakang keluarga, motivasi, keyakinan diri, dan pengalaman belajar. Diantara empat faktor ini, motivasi dan keyakinan diri dianggap menjadi faktor pentng yang paling kontributif.
Kata kunci: Faktor, Prestasi Mahasiswa Pelayaran, Belajar Bahasa Inggris


Paper ini dipresentasikan pada

1st National Seminar on "Kesiapan Dunia Maritim dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0" Oleh Politeknik Bumi Akpelni


Semarang, 24 Agustus 2019


Paper ini dapat diunduh di Unduh Paper Seminar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar