FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI TARUNA PENDIDIKAN
PELAYARAN DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA KOMUNIKASI
KEMARITIMAN
Aziza
Restu Febrianto1, Haryani2
Program Studi KPN,
Politeknik Bumi Akpelni
Program Studi
Nautika, Politeknik Bumi Akpelni
Abstrak
Penelitian ini
bertujuan mengeksplorasi dan menginvestigasi faktor apa saja yang mempengaruhi
pencapaian belajar mahasiswa maritim dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dalam
penerapannya, 26 taruna dari Program studi Nautika dan Teknika Politeknik Bumi
AKPELNI terlibat dalam penelitian ini. Pertama mereka diminta untuk mengisi
angket terbuka (open-ended questionnaire) yang terdiri atas 10 pertanyaan untuk
mencari peserta yang benar-benar representatif. Diantara 26 taruna, akhirnya
terpilih 8 peserta yang mengikuti wawancara. Untuk mendapatkan informasi yang
lebih mendalam dan luas, 8 peserta tersebut diminta untuk memberikan penjelasan
jawaban yang mereka tulis di dalam angket. Mereka juga diminta untuk memberikan
informasi lebih dan berbagi lebih banyak tentang ide, pengalaman, dan cerita
mereka melalui wawancara. Keseluruhan cerita yang terekam dalam wawancara ini
kemudian dianalisa dengan menggunakan pendekatan “Narrative Inquiry” dan
“Critical Discourse Analysis” (CDA). Hasil penelitian ini menunjukkan 4 (empat)
faktor kontributif yang mempengaruhi prestasi dan pencapaian taruna dalam
belajar Bahasa Inggrs: Latar belakang keluarga, motivasi, keyakinan diri, dan
pengalaman belajar. Diantara empat faktor ini, motivasi dan keyakinan diri
dianggap menjadi faktor pentng yang paling kontributif.
Kata kunci: Faktor,
Prestasi Mahasiswa Pelayaran, Belajar Bahasa Inggris
Paper ini dipresentasikan pada
1st National Seminar on "Kesiapan Dunia Maritim dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0" Oleh Politeknik Bumi Akpelni
Semarang, 24 Agustus 2019
Paper ini dapat diunduh di Unduh Paper Seminar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar